Manajemen pemasaran yang efektif biasanya
mencakup perencanaan, strategi dari seluruh usaha organisasi. Manajemen
pemasaran dapat terjadi disebuah organisasi dalam hubungan dengan pasarnya dan
juga untuk mempengaruhi tingkat, jangkauan, waktu dan komposisi permintaan
dalam suatu cara sehingga membentuk organisasi untuk mencapai sasarannya.Menurut Kotler (2012) pengertian manajemen
pemasaran adalah sebagai berikut: Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan,
pelaksanaan, dan pengawasan, program-program yang ditujukan utuk mengadakan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi.
Hal ini sangat tergantung pada penawaran organisasi dalam memenuhi kebutuhan
dan keinginan pasar tersebut serta menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan
distribusi yang efektif untuk memberitahu, mendorong serta melayani pasar.
Maka
dengan demikian dapat dilihat bahwa proses manajemen pemasaran akan
meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya. Jadi dapat dilihat bahwa manajemen
pemasaran lebih menekankan pada fungsi penganalisaan perencanaan atau penerapan
serta pengawasannya. Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan sangat
penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Dari segi lain,
penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana, sedangkan fungsi
terakhir dari manajemen adalah pengawasan, yaitu fungsi pengendalian segala
macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan. Jadi fungsi ini untuk
menghadiri adanya penyimpangan yang mungkin terjadi.
Pengusaha yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang disebut konsep pemasaran. Kotler (2012:17) memberikan definisi konsep pemasaran sebagai berikut : Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi efektif daripada pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
Pengusaha yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang disebut konsep pemasaran. Kotler (2012:17) memberikan definisi konsep pemasaran sebagai berikut : Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi efektif daripada pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
Daftar pustaka
Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran
Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
No comments:
Post a Comment